Jumat, 24 April 2009

MENGINGAT NAMA SESEORANG

Sebagian orang memiliki kelemahan dalam mengingat nama orang, terutam,a orang yang baru dikenalnya. Menyebut nama dengan benar adalah pintu pembuka hubungan yang lebih baik. Karena setiap orangsangatlah senang apabila namanya dikenal dan diucapkan dengan benar. Untuk itu marilah kita melatih diri agar dapat mengingat nama orang yang baru kita kenal dengan benar, sebagai berikut ;

  1. Saat berkenalan dengarkan namanya dengan baik-baik.

Berkenalan bukan hanya memberikan senyum yang ramah atau berjabat tangan tetapi simaklah dengan baik-baik namanya. Orang merasa dihargai bila anda berusaha mengenal dan mengingat namanya.

  1. Ulangi menyebutkan namanya dengan lengkap.

Ini membantu untuk memusatkan perhatian pada nama orang tersebut.

  1. Bacalah dalam hati berulang-ulang kartu namanya.

Kartu nama adalah sarana terbaik untuk mengingat nama seseorang. Letakkan kartu nama orang itu dihadapan anda selama pertemuan dan bacalah berulang-ulang dalam hati. Ini akan menancapkann ingatan yang lebih kut pada benak anda.

  1. Perhatikan wajah orang itu dan kenali ciri-ciri yang khas.

Bantulah ingatan anda dengan mengenali wajah serta ciri-ciri khas yang mengingatkan anda padanya. Seperti ; tahi lalat, bentuk hidung, senyum dan lain-lain.

  1. Hubungkan nama orang dengan obyek tertentu yang mudah diingat.

Banyak nama berhubungan dengan obyek tertentu, misal ; nama bulan, tempat, kejadian, orang terkenal dan lain sebagainya.

  1. Sebutkan namanya selama pertemuan.

Tataplah orang itu dan sebutlah namanya berulang-ulang selama pertemuan. Sehingga anda menyadari bisa menyebutkan namanya dengan benar kemudian mengingatnya.

  1. Tutuplah pertemuan dengan menyebut namanya.

Untuk menguatkan ingatan anda akhiri pertemuan dengan menyapa namanya.

0 komentar:

Posting Komentar