Rabu, 21 Desember 2011

Sumut Go Strategic Marketing In Social Media Era 2012-Diskusi Interaktif Penulis Buku STAR Marketing Bapak Sian Yet Dengan Praktisi Social Media Bapak Fikry Fatullah di SMART FM Medan-

Sore itu pukul 16:00 WIB 21 Desember 2011, saya sudah stand by di SMART FM Medan. Bagi saya, ini adalah pertemuan yang membanggakan sekaligus kesempatan untuk berdiskusi cerdas tentang trend marketing saat ini khususnya di Sumatera Utara apalagi ditemani dengan Bapak Sian Yet sebagai Founder Trend Marketing (@Sian_Yet) dan Bapak Fikry Fatullah sebagai Praktisi Social Media (@fikryfatullah). Topik diskusi yang diangkat adalah Strategic Social Media Marketing.

Di era digital saat ini, manusia sudah memiliki dua dunia. Dunia yang pertama adalah dunia offline dan dunia kedua adalah dunia maya (social media). Fenomena inilah memunculkan satu segmen market yang baru yaitu segmen Social Technopreuner. Keunikan segmen ini adalah interaksi antar user melalui percakapan di dunia maya yang menentukan brand suatu perusahaan maupun produk. Semakin ngetrend perusahaan maupun produk di social media, maka impact yang dihasilkan juga mempengaruhi kegiatan bisnis di dunia offline. Aneh tapi nyata. Hal ini juga di rasakan manfaatnya oleh beberapa perusahaan top di Indonesia bagaimana gurihnya menguasai trend social media saat ini untuk kepentingan bisnisnya terutama untuk mencapai customer satisfaction bahkan bisa mencapai tahap tertinggi yaitu customer loyalty.

Dengan semakin pintarnya konsumen saat ini apalagi dibarengi dengan kemajuan teknologi digital, perusahaan sudah mulai menambah channel untuk mengetahui pergerakan trend konsumen dan brand produknya. Cara termurah dan paling cepat adalah melalui social media.

Social media merupakan wadah untuk menyapa sekaligus menjalin hubungan dengan konsumen yang pintar ini secara LANGSUNG melalui PERCAKAPAN di dunia maya. Perusahaan yang sudah go social media baik melalui Facebook, Twitter, Linkedin, Kaskus ,dll, memiliki keunggulan dalam hal direct service. Lagi-lagi, dengan model service seperti itu, brand produk semakin oke bahkan sering terjadi closed selling.

Nah, dari hasil diskusi tersebut, saya mencoba membuka tabir tersembunyi dari sisi konsep STAR Marketing yang erat kaitannya dengan social media.

1. Scan Your Market

Trend market saat ini yang didukung oleh kemajuan teknologi dan akhirnya memunculkan segmen baru yaitu Social Technopreuner, bisnis apapun yang anti dengan social media channel, bisa dipastikan brandnya semakin tenggelam dan top of mind juga tidak tercapai.

2. Target Your Customer

Dengan menyapa dan menjalin hubungan dengan target customer yang tepat di social media, target clossing sell dapat diraih walaupun tak semudah yang dibayangkan. Intinya adalah build trust with customer in social media.

3. Activating your marketing strategy

Strategi marketing melalui social media merupakan keunikan tersendiri bagi bisnis apapun untuk mempromosikan produknya secara murah, meriah dan hasilnya juga mantap ketimbang menghabiskan biaya promosi offline yang terlalu besar. Bagi kebanyakan orang, promosi melalui social media masih menjadi sesuatu yang unik saat ini, hanya saja perlu teknik khusus yang tepat untuk melaksanakan social media marketing agar customer mencapai satisfaction & loyalty.

4. Recheck Strategy

Evaluasi adalah tahap untuk memperoleh feedback untuk merencanakan strategi branding bisnis kedepannya agar lebih baik. Social media marketing memberikan banyak sekali tools untuk mengevaluasi share market, brand awareness dan customer satisfaction.

Sumatera Utara merupakan daerah dengan potensi bisnis yang luar biasa untuk digali. Walaupun saat ini masih minim pengetahuan tentang social media bagi kebanyakan bisnis di Sumatera Utara, tapi dari tahun ke tahun menunjukkan trend peningkatan angka pengguna social media channel seperti facebook, twitter dan lain-lain khususnya di Sumatera Utara.

Bagaimana cara memanfaatkan social media marketing untuk mencapai high profit? bagaimana mencapai best brand awareness dan customer satisfaction hanya melalui social media ? Bagaimana cara memanfaatkan strategi social media untuk kepentingan bisnis? Segudang manfaat strategi social media marketing akan di bahas di 101.8 SMART FM Medan di tahun 2012 bulan Februari. Tunggu jadwal on air-nya bersama Pakar STAR MARKETING Bapak Sian Yet dan Pakar Social Media Marketing Bapak Fikry Fatullah.


Foto (Kiri : Bapak Fikry Fatullah. Kanan : Bapak Sian Yet)

0 komentar:

Posting Komentar