Minggu, 18 Desember 2011

Amazing Social Media For Career Building



"Hari gini karyawan gak tahu social media? Ndeso!"

Menjadi karyawan di sebuah perusahaan adalah pilihan kebanyakan orang. Tujuan jangka pendeknya adalah untuk meraih penghidupan yang layak atas apa yang sudah diperjuangkan sebelumnya untuk meraih pekerjaan yang diidam-idamkan. Tujuan jangka panjang secara fundamental adalah untuk meraih penghargaan setinggi-tingginya di kehidupan sosialnya.

Kehidupan era digital saat ini sudah menciptakan dua dunia yaitu dunia offline (real life) dan dunia maya (social media/ cybernet). Fenomena ini menunjukkan tren yang mengejutkan bahwa seseorang yang aktif di social media memberikan kontribusi peningkatan respect dari pengguna social media lainnya secara signifikan dan secara tidak langsung mempopulerkan namanya di dunia nyatanya. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang ingin mencari calon staff yang cocok untuk dimasukkan kedalam hirarki organisasinya, langkah awalnya adalah menggoogling nama calon kandidat di social media. Jika dari hasil pencarian menunjukkan bahwa kandidat tersebut memiliki reputasi yang bagus di social media, secara tidak langsung perusahaan merespect kandidat tersebut. Luar biasa social media, kan?

Nah, dari fenomena tersebut, social media menjadi sangat penting untuk menunjang karir Anda apapun profesi Anda. Saya berbagi tips bagaimana mengoptimalkan social media untuk meningkatkan karir Anda secara fundamental.

1. Jadilah active user di social media seperti di Facebook, Twitter, Linkedin, dan Blog

Langkah awal ini memerlukan ketekunan Anda untuk menunjukkan eksistensi Anda di social media.

2. Berbagilah di awal, menuai hasil kemudian

Kebanyakan user di social media sangat memerlukan solusi atas permasalahan kehidupannya. Jadikan Anda merupakan bagian dari solusi mereka, bukan menjadi problem mereka.

3. Diferensiasi

Sesuatu yang menjadi pembeda yang kuat, pasti menjadi pusat perhatian. Contohnya seorang Norman Kamaru yang dulunya berprofesi sebagai anggota Brimob, gara - gara sesuatu yang berbeda darinya dan menunjukkan eksistensi yang kuat di situs social media Youtube, sekarang ia sudah menjadi orang yang sangat terkenal didunia maya maupun dikehidupan nyatanya.

4. Menulis di blog

"Jika Anda ingin tahu tentang dunia, Membacalah. Tapi jika Dunia ingin tahu tentang Anda, Menulislah." Nge-blog adalah aktivitas yang menyenangkan untuk membuat dunia mengetahui eksistensi Anda.

Kesimpulannya, social media memberikan peluang sebesar-besarnya sebagai wadah menuangkan segala sesuatu tentang Anda demi meningkatkan karir Anda.

Selamat Ber-social media

(Tertarik tentang social media for career building?, Tinggalkan komentar Anda di bawah)

0 komentar:

Posting Komentar